Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

susah tidurBegadang jangan begadang…..kalau tiada artinya…… itu cuplikan lagu bang Haji Oma Irama, yang kalau kita simak emang buat apa begadang yang bikin badan kita ga sehat, malah bikin sakit lagi, tapi jaman sekarang justru orang banyak sekali yang begadang dirumahnya masing-masing ada yang nonton tv, main game, main internet dan ada juga yang begadang karena susah tidur, ntah mikirin apa?  yang jelas hatinya lagi galau kali……

Susah tidur (insomnia) adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pedek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi anda.

Insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan anda kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya.

Oleh karena itu begadang atau insomnia harus anda atasi dengan cepat. Maka dengan cara di bawah ini ada beberapa tips yang dapat mengatasinya.

Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

1. Berolah raga teratur.
Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan.

Ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur anda, dan usahakan agar kamar anda tenang dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami.

Malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. Cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

4. Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari.

Jangan memotong waktu tidur anda, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur anda.

5. Jangan memaksakan untuk tidur.

Tidur itu alami dan mudah. jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan untuk tidur.

Anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi

Seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.

8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan

atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

9. Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang anda hadapi.

Sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur anda, karena akan selalu terbawa dipikiran anda ketika ingin tidur.

10. Konsultasikan dengan dokter
Anda jika Anda tidur terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit,, bernapas masalah atau masalah jantung.

11. Jernihkan pikiran anda.
Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

12. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari.

Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

13.  Sholat dan berdzikir

Kalau kita mengalami susah tidur, coba kita bulatkan tekad, bersihkan diri kita dengan air wudhu, lakukan sholat sunat lalu berdzikirlah sebanyak mungkin. Menurut penelitian, orang akan cepat terasa ngantuk kalau sedang dalam urusan ibadah, apalagi pada malam hari. Kalu kita memainkan gitar dan bernyanyi mungkin kita sanggup sampai waktu larut malam. Tapi coba kita buktikan sendiri dengan kita berdzikir dengan khusyuk menyebut nama-Nya, saya rasa gak nyampe satu jam udah terasa berat. Sampai-sampai seuntai tasbih yang hanya 20 gram aja bisa terjatuh saking beratnya. Bahkan bisa saja sampai kita tertidur sambil duduk.

Terima kasih telah membaca Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Enbepe-Solusi-Otak-Cerdas-&-Sehatnatural-lechitin

Posted on September 20, 2013, in artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: