Tips Agar Terhindar Dari Keputihan

Keputihan NoKeputihan NO….. Sehat YESS….. Menurut kodratnya wanita tidak ada yang mau mengalami keputihan. Organ intim yang sehat, bersih, wangi dan kesat menjadi idaman para wanita. Maka tak heran jika keputihan sangat ditakuti. Sebenarnya, ada jenis keputihan yang normal terjadi dan tidak perlu ditakutkan. Sementara itu, ada juga jenis keputihan lain yang sangat mengganggu dan berbahaya. Untuk membedakannya, sudah kami bahas dalam Apa Sih Keputihan Itu????

Tips agar Anda terhindar dari keputihan patologis atau keputihan yang berbahaya.

1. Jaga kebersihan. Menjaga kebersihan organ intim harus Anda lakukan. Basuh organ kewanitaan Anda dengan air bersih setiap kali mandi dan setelah buang air. Agar tidak lembab, tepuk-tepuk dengan handuk bersih yang kering atau tisu.

2. Gunakan pembersih yang tepat. Sebenarnya, Anda tidak memerlukan pembersih daerah intim berupa sabun, apalagi jika mengandung parfum. Air bersih sudah cukup. Tetapi jika Anda masih ingin memakai sabun pembersih, gunakan sabun khusus organ intim wanita dengan bahan dasar susu untuk menjaga pH (derajat keasaman). Sabun biasa bisa membunuh bakteri baik. Sabun dengan parfum bisa menyebabkan iritasi.

3. Bersihkan dari depan ke belakang. Dengan jarak yang dekat antara organ intim dan anus, Anda harus menjaga agar organ intim tetap bersih. Setelah buang air besar, usahakan membersihkan dari depan ke belakang. Hal tersebut akan memperkecil risiko kotoran berpindah ke organ intim.

4. Celana dalam nyaman. Kami tahu, banyak celana dalam lucu, berenda, dan sebagainya dengan berbagai jenis bahan. Pastikan celana dalam Anda nyaman saat dipakai, dapat menyerap keringat, berpori-pori baik sehingga daerah intim tidak lembab. Bahan katun lebih disarankan.

5. Bawa cadangan celana dalam. Kita tinggal di negara tropis yang panas dan lembab, mudah berkeringat. Sebaiknya Anda mengganti celana dalam yang sudah lembab atau terasa tak nyaman. Celana yang lembab mempermudah tumbuhnya jamur dan bakteri. Bawa satu atau dua celana dalam cadangan yang nyaman kemanapun Anda pergi. Letakkan dalam tas kecil tertutup yang akan memudahkan Anda memakainya.

6. Cuci bersih celana dalam. Pastikan celana dalam Anda memakai deterjen yang lembut dan bersih hingga bilasan terakhir. Sisa sabun di celana dalam bisa menyebabkan iritasi. Ingat, kulit organ intim Anda sangat sensitif. Tidak perlu mencuci celana dalam dengan cairan pemutih atau cairan pelicin pakaian.

7. Sering ganti pembalut. Saat Anda dalam masa menstruasi, ganti pembalut sesering mungkin, jangan menunggu terasa penuh. Maksimal 3 jam sekali, bahkan di saat cairan menstruasi Anda tidak banyak.

8. Hindari stres. Stres adalah salah satu penyebab keputihan. Karena itu, jaga pikiran Anda agar tetap tenang. Jika Anda butuh liburan, pergilah berlibur. Berbincang dengan sahabat atau bercanda bisa menurunkan kadar stres. Pikiran sehat, organ intim Anda juga sehat.

9. Makanan sehat. Cara untuk menjaga kesehatan organ intim adalah mengonsumsi makanan sehat. Buah-buahan segar dan sayuran warna-warni akan memberi perlindungan dari dalam.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share agar sahabat wanita Anda terhindar dari keputihan.

Posted on June 26, 2013, in artikel and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: