Tips Berdamai Dengan Diri Sendiri

Kita sering merasa bersalah pada orang lain, tapi apakah  kita pernah merasa bersalah pada diri sendiri? Hal ini perlu kita renungkan, dimana kalau kita merasa bersalah pada orang lain,  kita wajib meminta maaf dan saling memaafkan.  Namun sudahkah Anda memaafkan diri sendiri?

damaiMemaafkan diri sendiri juga berarti menghapus segala keuatiran dan ketakutan yang kerap muncul dalam menghadapi masa-masa sulit. Rasa takut ini seringkali menjadi jebakan yang membuat Anda pesimis dan menyalahkan diri sendiri. Padahal, jika Anda dapat berdamai dengan diri sendiri, Anda dapat melalui masa-masa sulit dengan fokus dan penuh ketenangan.

1. Menerima kenyataan

Alih-alih protes pada diri sendiri akan segala keterbatasan yang dimiliki, mengapa tidak menerima diri Anda apa adanya? Menerima kenyataan merupakan titik awal dari sikap optimis dan pandangan jernih terhadap diri. Kesempatan promosi dari atasan jatuh pada sahabat Anda, bukan pada Anda? Jangan dulu mengira Anda tidak layak mendapat kesempatan emas. Anggap ini sebagai perpanjangan waktu bagi Anda untuk menunjukkan usaha lebih keras. Percayalah, keterbatasan apapun yang Anda miliki, Anda akan menemukan solusi alternatif untuk menyiasatinya.

2. Belajar ikhlas 

Mengalah bukan berarti kalah. Saat Anda menghadapi kegagalan, di saat itu pulalah kekuatan Anda bertambah. Pepatah mengatakan, orang yang kuat adalah orang yang banyak menerima cobaan. Kekuatan akan semakin bertambah jika Anda mempertebal keikhlasan dalam menerima kegagalan. Alih-alih menggerutu sambil menahan kecewa, mengapa tidak mencari tahu titik kelemahan dan mencoba untuk memperbaikinya?

3. Senyum

Saat Anda gagal meraih keinginan, tersenyumlah. Gerakan rahang dan tulang pipi saat tersenyum akan mengaktifkan sensor syaraf dalam otak yang memicu produksi hormon bahagia. Saat Anda tersenyum–walau dipaksakan–hormon-hormon baik dalam otak akan membuang bad mood dari pikiran. Hindari menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang dialami dan mulailah memasang senyum termanis di wajah Anda.

Berdamai dengan diri sendiri merupakan cara yang paling ampuh untuk bisa lebih menikmati hidup. Latihlah diri Anda untuk terus berdamai!

copyright by @crystalxku

Posted on April 29, 2013, in artikel and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: