Berdamai Dengan Ibu Mertua

berdamaiPerdamaian-perdamaian…. banyak yang cinta damai, namun dirumah semakin ramai.  Perdamaian milik kita bersama.  Perdamaian dilingkungan keluarga sangatlah diperlukan.  Berdamai dengan Ibu Mertua dan menjalin hubungan baik dengannya sebaik hubungan anda dengan ibu anda sendiri, pasti lah sesuatu yang sangat didambakan setiap menantu. Betapa indahnya kedamaian dimulai dari lingkungan rumah sendiri.

Saatnya Anda Berdamai Dengan Ibu Mertua

Setelah menikah, orang tua anda tidak lagi hanya ayah dan ibu anda saja, ada mertua yang harus anda sayangi dan perhatikan. Namun memang tidak setiap orang beruntung dapat memiliki hubungan harmonis dengan ibu mertuanya, namun sebenarnya hal tersebut bukan tidak mungkin untuk diusahakan. Anda hanya harus tahu caranya dan mau menekan ego anda agar dapat hidup damai dengan ibu mertua. Bagi anda yang masih merasa canggung, berikut adalah beberapa tips menjalin hubungan baik dengan ibu mertua:

Tips Berdamai Dengan Ibu Mertua

Menerima Keadaan
Saat anda dan pasangan menikah, satu hal yang harus diterima adalah pasangan dan keluarga adalah satu paket; suka tidak suka, begitulah kenyataannya. Mertua dan ipar akan selalu menjadi bagian dari perjalanan hidup pernikahan anda.
 
Tentukan Batasan dan Samakan Sudut Pandang
Bisakah para ipar berkunjung ke rumah anda tanpa pemberitahuan sebelumnya? Bolehkan ibu mertua membelikan mainan meskipun hal tersebut menentang disiplin yang telah anda terapkan di rumah. Ada begitu banyak hal yang harus anda dan pasangan anda putuskan bersama. Bicarakan dengan terbuka agar sudut pandang anda berdua sama.
 
Hargai Kebiasaan Keluarga Mertua
Anda terganggu dengan kebiasaan kebiasaan ibu mertua atau pun  kegiatan kegiatan rutin di keluarga pasangan? Daripada menyimpan kesal, lebih baik pahami dan terima saja sebab semua itu sudah ada jauh sebelum anda bertemu dan menikahi pasangan.
 
Hargai ikatan keluarga pasangan dan bersikaplah suportif.
Meskipun begitu anda tetap dapat mengutarakan keberatan yang anda anggap cukup mengganggu, dan pasangan anda wajib menanggapi keluhan tersebut.
 
Jangan Mengadu ke Orang Tua.
Jika anda memiliki kekesalan pada ibu mertua anda, selesaikan sendiri. Jangan sampai mengadu pada orang tua anda. Sebaiknya tidak melibatkan pihak luar dalam masalah hubungan dengan ibu mertua. Memang, ketika kedongkolan pada ibu mertua sudah  sampai ubun-ubun dan keributan besar sudah tampak di depan mata, godaan untuk mengadu pada orangtua pasti sangat kuat. Namun, ingat, hal ini mungkin malah bisa merusak hubungan baik Anda dengan ibu mertua. Orang tua anda pasti akan membela anda dan mereka akan membuat persoalan itu menjadi jauh lebih pribadi ketimbang anda sendiri. Santai dan cari solusi agar dapat berdamai dengan ibu mertua.

Posted on April 27, 2013, in artikel and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: